For Emergency Only

+62 361 - 265 083

For Emergency Only 0361 - 265 083

Info & Reservation

+628113851882 || +628113851881

10 Tips Memotivasi Diri Sendiri

10 Tips Memotivasi Diri Sendiri

05 Jun 2017 Rohmad Arifin Articles 24

Banyak orang yang ingin berbuat lebih dari yang bisa dicapai saat ini. Jika anda merasa belum menjadi diri anda yang ideal, anda mungkin memerlukan motivasi lebih. Motivasi tidak selalu harus berasal dari orang lain. Anda bisa memotivasi diri anda sendiri. Bagaimana cara memotivasi diri sendiri? Berikut beberapa tips yang dapat anda ikuti.

1. Buat Alasan
Tanyakan pada diri anda mengapa anda menginginkan mencapai sesuatu? Jika anda tidak punya alasan yang kuat untuk mencapai sesuatu, anda tidak akan punya motivasi yang cukup.

2. Perluas Wawasan
Buat diri anda terinspirasi oleh dunia yang tak terbatas ini. Banyak membaca, kursus, bergaul, mengikuti seminar, berdiskusi, bergabung dalam komunitas, dan aktivitas lainnya yang menambah wawasan akan membantu anda memotivasi diri.

3. Pahami bahwa Setiap Orang Memiliki Masalah dan Tantangan
Jika anda memiliki masalah dan tantangan yang berat. Percayalah, orang lain juga memiliki masalah dan tantangan. Kesuksesan bisa dicapai orang lain karena ia mau menghadapi masalah dan tantangan.

4. Fokuskan Perhatian
Buatlah slogan yang memotivasi anda dan pasang di dinding kamar, di ruang kerja, di halaman desktop komputer dan HP anda. Al ini akan mengingatkan anda untuk selalu memfokuskan perhatian pada pencapaian yang anda inginkan.

5. Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan
Jika anda ingin membuat sebuah lukisan, anda sebaiknya melukis apa yang anda sukai. Jika anda ingin menulis artikel, carilah tema yang anda minati. Anda akan memiliki semangat dan motivasi lebih jika anda mengikuti kata hati.

6. Tiru Kesuksesan Idola Anda
Meniru bukan ide yang buruk, apalagi yang ditiru adalah semangat, motivasi, dan perjuangan orang yang sukses.

7. Buat Perencanaan
Buatlah tahapan untuk menuju kesuksesan. Setiap anda dapat menyelesaikan sebuah target jangka pendek, anda akan lebih siap dan fokus untuk mencapai target berikutnya. Banyak orang yang tidak berani menerima tantangan untuk maju karena mereka sejak awal sudah mengumpulkan sejumlah tantangan yang harus dihadapi.

8. Praktek adalah Pembelajaran yang Sebenarnya
Keberhasilan merupakan gabungan antara upaya dan keinginan. Tantangan sebenarnya akan anda hadapi pada saat anda melakukan sesuatu. Bisa jadi apa yang anda takutkan sejak awal justru tidak terjadi, dan apa yang anda anggap mudah justru sulit dipraktekkan. Intinya, jika anda tidak mencoba, anda tidak akan belajar.

9. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung
Menciptakan lingkungan yang mendukung adalah bagian penting dari memotivasi diri. Sebiji benih akan tumbuh subur jika tumbuh di tempat yang subur dan tepat. Jika anda ingin berhenti merokok, jangan dekati orang yang sedang merokok.

10. Jadilah Pahlawan
Jadilah pahlawan untuk diri sendiri. Jangan mengandalkan orang lain untuk mencapai prestasi yang anda inginkan dan jangan berbuat curang. Berbuatlah yang terbaik dengan cara yang benar. Anda akan memiliki kebanggaan dengan keberhasilan yang anda raih hanya jika anda telah bekerja keras tanpa melanggar norma yang berlaku.