For Emergency Only

+62 361 - 265 083

For Emergency Only 0361 - 265 083

Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Mata: Retinopati Diabetik

Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Mata: Retinopati Diabetik

09 Sep 2018 Hans Lesmana Articles 96

Retinopati diabetika adalah komplikasi pada mata yang disebabkan oleh Diabetes mellitus. Bila tidak mendapat penanganan yang tepat, retinopati diaabetika akan menyebabkan kebutaan. dr. Ni Made Kartika Rahayu, Sp.M, salah satu spesialis mata kami di Rumah Sakit Surya Husadha Nusa Dua dapat memberikan informasi edukasi ini kepada masyarakat terutama yang memiliki penyakit diabetes sehingga dapat mengenali Retinopati diabetika sejak dini.
 

APA ITU RETINOPATI DIABETIKA?
Retinopati diabetika adalah kerusakan pembuluh darah retina akibat diabetes mellitus. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan risiko terjadinya Retinopati diabetika. Kelainan ini dapat berupa perdarahan ataupun pembengkakan pada retina. Retinopati diabetika sering terjadi pada pasien yang menderita diabetes mellitus lebih dari 5 tahun. Bila seseorang telah menderita diabetes mellitus lebih dari 20 tahun, maka biasanya telah terjadi kelainan pada retina.

Selain itu, penderita diabetes yang sedang hamil, harus memeriksakan diri ke ophthalmologist atau dokter mata karena Retinopati diabetika pada kehamilan bersifat menjadi lebih agresif. Sebaiknya para ibu hamil dengan diabetes mellitus melakukan pemeriksaan pada trimester pertama dan kemudian paling sedikit setiap 3 bulan sampai persalinan.

Retina memiliki berjuta-juta fotoreseptor. Bila cahaya masuk, ke dalam mata, lewat kornea, lensa dan vitreus serta difokuskan di retina, kemudian dari retina, rangsangan cahaya menjadi penglihatan yang akan dilanjutkan ke otak melalui saraf penglihatan. Pada kondisi Retinopati diabetika, terjadi perdarahan pada retina. Perdarahan pada retina akan menghalangi proses pengiriman cahaya ke otak sehingga mengakibatkan penglihatan terganggu. Bila keadaan ini dibiarkan atau tidak mendapat penanganan yang tepat akan terbentuk jaringan parut pada retina. Jaringan parut ini akan mengakibatkan tarikan pada retina sehingga retina robek atau lepas. Kondisi ini dapat mengakibatkan kebutaan.


BAGAIMANA GEJALA YANG MUNCUL?
Gejala Retinopati diabetika antara lain penglihatan buram, melihat ada benda hitam melayang-layang pada penglihatan,


BAGAIMANA PENGOBATANNYA?

  • Kontrol Diabetes Mellitus
    • Yang paling utama adalah mencegah terjadinya Retinopati diabetika. Kontrol kadar gula darah, tekanan darah, kadar kolesterol dalam darah, minum obat secara teratur, olah raga dan diet.
  • Laser Fotokoagulasi
    • Merupakan terapi utama Retinopati diabetika.Tindakan dengan menggunakan sinar laser ke retina yang kurang mendapat suplai oksigen sehingga mencegah terbentuknya pembuluh darah baru dan untuk menutup pembuluh darah yang bocor. Tindakan ini tidak cukup dilakukan sekali.
  • Injeksi anti VEGF
    • Dengan injeksi anti VEGF ke dalam vitreous untuk mengurangi bengkak pada retina.
  • Vitrectomy
    • Merupakan tindakan bedah mikro yang dilakukan pada kasus-kasus Retinopati diabetika yang sudah berat, yaitu pada retinopati yang sudah terjadi tarikan atau robekan pada retina.
 

ANJURAN
1. Pengobatan diabetes harus rutin dan terus menerus. Sekali didiagnosis diabetes, maka kita harus mengubah pola hidup dan pola makan sehari-hari, disamping mengkonsumsi obat. Selain mengontrol gula darah, pasien dengan diabetes juga harus dapat mengontol kadar kolesterol dan hipertensi.
2. Sebaiknya ketika seseorang yang telah mengalami diabetes melakukan pemeriksaan mata rutin untuk dapat melakukan skirining komplikasi diabetes pada mata. Seringkali pada pemeriksaan rutin ini, dokter spesialis mata menemukan tanda-tanda Retinopati diabetika sekalipun belum ada gejala gangguan penglihatan. Semakin dini kelainan diketahui, hasil pengobatan akan lebih baik.
3. Penderita diabetes tidak dilarang melakukan operasi, dengan syarat kadar gula darah dalam keadaan terkontrol.
4. Waspadalah dengan keluhan buram bila ada menderita diabetes, segera periksakan mata Anda.


Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, semakin dini kelaianan ditemukan, hasil pengobatan akan lebih baik.

Salam sehat selalu bersama Surya Husadha Hospital