For Emergency Only

+62 361 - 265 083

For Emergency Only 0361 - 265 083

TB: Masih Menjadi Masalah di Dunia Modern

TB: Masih Menjadi Masalah di Dunia Modern

09 May 2018 Hans Lesmana Articles 26
TB atau tuberculosis sudah menjadi penyakit lama yang masih menghantui peradaban modern.  Menurut data TBFACTS.ORG ada sekitar 1.3 juta penderita TB dengan status HIV negatif yang meninggal pada tahun 2016. Sedangkan pada penderita HIV positif, ada sekitar 374 ribu penderita yang meninggal dunia.

Pada tahun 2016 diperkirakan ada sekitar 10.4 juta kasus TB baru. Menurut data, sekitar 74% dari penderita baru tersebut ada di benua Afrika, dan 64% bermukim di India, Cina, Indonesia, Filipina, dan Pakistan.

Masalah yang juga kini dihadapi oleh masyarakat adalah kasus Tuberkulosis yang “resistant” atau kebal terhadap pengobatan Tuberkulosis biasanya. Terdapat peningkatan angka RR TB (Rifampicin Resistant TB) dan MDR TB (Multi Drug Resistant TB). Menurut laporan terbaru pada tahun 2016, terdapat 600.000 kasus baru RR TB dan 490.000 kasus baru MDR TB.
Dari sekumpulan paparan data diatas dapat disimpulkan bahwa TB masih merupakan penyakit yang belum berhasil dituntaskan di beberapa negara.

TB ialah infeksi pada tubuh oleh bakteri  mycobacterium tuberculosis (M.tuberculosis).
TB menyebar melaui udara, bakteri TB dilepaskan ke udara oleh penderita yang terinfeksi dan kemudian dihirup oleh orang lain. Umumnya TB akan menyerang paru-paru namun bakteri tsb juga dapat menyerang bagian hingga organ lain misalnya; kelenjar getah bening, tulang, ginjal, usus, dan kulit hingga otak. Dan juga pada beberapa orang dapat terjadi satu keadaan dimana dikenal sebagai TB Latent yaitu suatu keadaan dimana bakteri tsb menginfeksi manusia tanpa menimbulkan gejala sakit.
Penderita TB Laten pada suatu waktu akan menjadi penderita aktif TB yaitu penderita yang menunjukkan gejala.
Gejala infeksi TB tergantung pada bagian mana yang mengalami infeksi. Umumnya pada penderita TB paru  terdapat beberapa gejala yakni:
  1. Batuk produktif lebih dari 2 minggu
  2. Nyeri dada
  3. Batuk berdarah
  4. Keringat pada malam hari
  5. Nafsu makan berkurang
  6. Berat badan menurun
  7. Demam berulang
Tantangan bagi dunia kita semua tentu saja bagaimana menghentikan penyebaran TB dan apa yang harus dilakukan bagi penderita TB saat ini?. Namun tantangan tersebut memiliki banyak kendala mulai dari bagaimana memberikan informasi yang cukup dan merata ke setiap populasi bahwa bagi siapa saja yang pernah kontak dengan penderita TB haruslah melakukan tes. Bagaimana informasi mengenai penularan dan tanda-tanda infeksi TB dapat sampai ke setiap lapisan masyarakat secara rata agar setiap mereka yang curiga atau mencurigai anggota masyarakat lain dapat melaporkan kecurigaan tsb dan mendapatkan tes serta pengobatan yang tepat.

Secara medis juga tantangan terhadap diagnosis TB menjadi hal tersendiri, mengingat terdapat beberapa infeksi juga yang menimbulkan gejala serupa. Tantangan yang semakin banyak dan juga cukup sulit ialah bagaimana memastikan bahwa penderita TB mengkomsumsi obat secara teratur dan tepat waktu agar penyembuhan infeksi sempurna. Tantangan bagi dunia medis lainnya ialah urgensi akan obat TB baru dikarenakan semakin meningkatnya kasus MDR TB.
Tantangan terhadap infeksi TB juga dimiliki oleh pemerintah yakni fakta bahwa TB ialah penyakit yang akrab dengan tingkat ekonomi yang dibawah rata-rata, pemukiman yang padat, gizi buruk pada anak- anak sehingga menjadi tugas kita bersama pemerintah untuk bersama-sama meningkatkan pengetahuan dan kualitas kehidupan.

Dan salah satu isu yang juga dihadapi oleh dunia modern terkait TB ialah HIV. Seperti data yang disebutkan diatas, bahwa pada penderita HIV positif maka system imun yang lemah menjadikan mereke berisiko tinggi untuk memperoleh infeksi bakteri TB.