For Emergency Only

+62 361 - 265 083

For Emergency Only 0361 - 265 083

Diabetes: Mother of Diseases

Diabetes: Mother of Diseases

13 Nov 2018 Hans Lesmana Articles 29
            Pada tahun 2015, terdapat 415 juta orang didiagnosa Diabetes. Angka tersebut mengalami kenaikan sebanyak 4x lipat dibanding pada tahun 1980. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan 10 juta orang menderita dewasa dimana Indonesia menduduki peringkat ke tujuh secara global. Angka kematian akibat diabetes di Indonesia terbilang tinggi dan merupakan tertinggi nomor dua setelah Sri Lanka.
            Diketahui 80 persen dari kasus diabetes dapat dicegah dengan mengatur gaya hidup sehat. Yang sering menjadi pertanyaan ialah, bagaimana Kami yang menderita diabetes dapat tetap hidup sehat dan berkualitas?
            11 November merupakan Hari Kesehatan Nasional yang juga bertepatan dengan Hari Diabetes Dunia, Kami ingin agar sahabat setia Surya Husadha mengingat kembali bahwa hidup sehat dengan diabetes adalah hal yang mungkin.
            Ada beberapa langkah yang dianjurkan agar Anda yang memiliki Diabetes tetap dapat menjaga kualitas hidup;
  1. Mengetahui kenapa Diabetes merupakan penyakit serius?
Diabetes sering disebut sebagai ‘’ mother of diseases’’ merupakan sebuah istilah yang tak dapat dipungkiri kebenarannya. Diabetes yang tak dikontrol dapat menyebabkan kerusakan pada banyak organ seperti serangan jantung, stroke,pembuluh darah, kerusakan pada mata, saraf, ginjal, juga gigi dan gusi.
Kerusakan pada organ- organ tsb tidak hanya menyebabkan kesakitan melainkan juga menurunnya kualitas hidup penderita hingga kematian.
 
  1. Ketahui Perjalanan Diabetes Anda dengan ABC
A: untuk test AIC yakni suatu tes darah yang dapat menunjukkan perjalanan kadar gula darah Anda dalam 3 bulan terakhir. Tes ini berbeda dengan tes gula darah yang biasa Anda lakukan.
B: untuk Blood Pressure (Tensi Darah) sangat vital untuk setiap penderita diabetes menjaga tekanan darah berada dalam batas normal yakni 120/80 mmHg, tekanan darah yang tinggi akan membuat pembuluh darah, jantung dan ginjal bekerja lebih keras dan semakin meningkatkan risiko komplikasi.
C: untuk Kolesterol, menjaga kadar kolesterol dalam batas normal juga berguna untuk mencegah komplikasi kerusakan pembuluh darah dan gangguan jantung.
 
  1. Berdamai dengan Diabetes
Berdamai bukan hanya menerima melainkan juga memperbaiki gaya hidup, tidak ada kata terlambat untuk kualitas hidup yang lebih baik.
  • Penting sekali untuk menjaga stress, karena setiap kita mengalami stress maka tubuh akan merespon dengan meningkatkan kadar gula darah.
  • Mengkomsumsi makanan yang bervariasi dan sehat, makanan adalah salah satu kunci dalam menjaga kadar gula darah. Memakan makanan yang sehat, kaya akan serat juga antioksidant seperti buah dan sayur menjadi salah satu langkah yang mampu meningkatkan kualitas hidup Anda
  • Menjadi aktif, Anda dapat melakukan olahraga yang ringan namun regular. Sebanyak 4-5x dalam seminggu selama 30 menit untuk membantu rileksasi pembuluh darah, meningkatkan kadar antioksidan tubuh juga membantu organ pankreas dalam mengatur gula darah
  • Mengkomsumsi obat diabetes Anda teratur meski kadar gula darah Anda teratur dan Anda merasa sehat.
  • Berhentilah merokok, merokok dapat meningkatkan radikal bebas yang memicu stress organ dan sel yang akan menambah beban tubuh.
  • Konsultasi dan cek rutin kesehatan Anda kepada dokter kami.
  • Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda unduh untuk membantu Anda menjaga kadar gula darah Anda: glucosebuddy & diabetesconnect untuk yang berbahasa inggris dan Teman Diabetes & CekGulaKu untuk yang berbahasa Indonesia.