For Emergency Only

+62 361 - 265 083

For Emergency Only 0361 - 265 083

Nyobain Aja? Waspadai Kecanduan Narkoba!

Nyobain Aja? Waspadai Kecanduan Narkoba!

28 Jun 2018 Hans Lesmana Articles 18

Ketertarikan untuk mencoba sesuatu yang baru dapat menimbulkan dorongan untuk mencobanya. Salah satu contoh adalah keinginan untuk mencoba narkoba. Walaupun telah banyak hasil penelitian tentang efek narkoba pada kesehatan (baik fisik maupun mental), sosial dan ekonomi, serta keamanan yang telah menunjukkan hasil yang sangat buruk, seseorang yang begitu penasaran dan terpengaruh oleh lingkungannya mungkin tidak memperdulikan akibatnya.

Diawali dengan perilaku hanya ingin mencoba-coba, otak diperkenalkan dengan adanya cara baru untuk mendapatkan kesenangan. Pada awalnya mungkin kita dapat berpikir bisa mengontrol seberapa banyak dan seberapa sering untuk dapat menikmatinya. Namun, seiring dengan waktu, paparan zat narkoba yang terus menerus, menyebabkan otak tidak dapat mengontrol diri sendiri, sebaliknya justru terkontrol oleh narkoba. Hal ini sudah dapat dikatakan sebagai ketergantungan.

Ketika terjadi ketergantungan terhadap narkoba, seseorang tidak dapat menahan untuk menggunakannya. Walaupun sudah mengetahui seberapa berbahaya efek yang ditimbulkan. Keinginan untuk menikmatinya tidak bisa ditahan. Seseorang selalu berpikir menjadi ingin, ingin dan ingin lagi, tanpa bisa untuk mengontrolnya. Saat ini, otak telah terkontrol oleh narkoba. Ketergantungan terhadap narkoba bukan hanya berupa mariyuana, ekstaksi, heroin dan kokain saja, namun dapat berupa ketergantungan terhadap alkohol, nikotin, benzodiazepin, dan obat anti nyeri golongan opioid.

Ketika timbul ketergantungan terhadap narkoba, terdapat perubahan pada sistem zat-zat kimia pada otak, hal ini dapat berpengaruh dalam:

  • Pembuatan pertimbangan

  • Pengambilan keputusan

  • Memori

  • Kemampuan untuk belajar

Dengan adanya pengaruh dalam 4 hal di atas terhadap otak, seseorang yang telah mengalami ketergantungan terhadap narkoba menjadi tidak dapat mengontrol otaknya. Otak akan mengikat Anda untuk mengulang-ulang kembali merasakan pengalaman menyenangkan saat mengkonsumsi narkoba. Sehingga Anda akan merasa ingin dan ingin lagi. Akan ada dorongan untuk mencari dan mengkonsumsi narkoba dengan cara di luar kendali Anda.

Bagaimana kita mengetahui apakah sudah berada pada tahapan ketergantungan? Berikut ini adalah tanda-tanda seseorang telah menjadi ketergantungan terhadap zat narkoba :

  • Keinginan yang keras untuk dapat menikmati narkoba setiap harinya bahkan beberapa kali dalam sehari

  • Mengkonsumsi narkoba lebih banyak dari yang Anda mau, bahkan lebih lama dari yang Anda kira

  • Anda selalu memiliki narkoba, Anda akan membelinya bahkan ketika sebenarnya Anda tidak mampu untuk membelinya.

  • Tetap menggunakan narkoba walaupun telah menyebabkan kesulitan saat bekerja bahkan menyerang keluarga atau lingkungan sekitar.

  • Lebih banyak menghabiskan waktu sendiri.

  • Anda tidak memperdulikan diri sendiri atau tidak memperdulikan penampilan Anda

  • Anda mencuri, berbohong, atau melakukan hal-hal berbahaya seperti mengemudi dengan kecepatan tinggi dan berhubungan seks yang tidak aman.

  • Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda hanya untuk mendapatkan, menggunakan atau memulihkan diri dari efek narkoba.

  • Anda akan merasa sakit ketika mencoba untuk berhenti

Dalam memperingati Hari Anti Narkoba Internasional yang jatuh pada tanggal 26 Juni ini, artikel ini menyerukan kembali bahwa narkoba akan menjerumuskan Anda kepada hal yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Anda akan kehilangan identitas diri Anda, kehilangan diri dalam mengontrol diri sendiri. Sebagai generasi harapan bangsa, dengan menjadi seorang pecandu narkoba, tentu telah secara tidak sengaja menghancurkan bangsa itu sendiri. Generasi muda yang diharapkan menjadi pribadi yang cerdas dan siap dalam menghadapi tantangan dunia tentu hanya akan menjadi kenangan. Adanya isu tentang mengkonsumsi narkoba akan menjadi kreatif hanyalah khayalan semata. Seseorang yang telah menjadi pecandu narkoba hanya akan berpikir untuk bagaimana cara mendapatkan dan menikmati narkoba dengan cara bagaimanapun.

Banyak kegiatan positif lainnya yang bisa kita lakukan untuk mendayagunakan diri sendiri untuk kepentingan yang lebih luas dan berguna. Seperti tema hari anti narkoba internasional tahun ini : Let's develop our lives, our communities, our identities without drugs. Tanpa narkoba, kehidupan akan menjadi lebih bijak dan berbahagia.

Salam sehat selalu bersama Surya Husadha Hospital.